Perayaan HUT 78 SPS-UU Pers ke-25: Diharapkan Mampu Mengurai Tantangan yang Dihadapi Pers Indonesia

Perayaan HUT 78 SPS-UU Pers ke-25: Diharapkan Mampu Mengurai Tantangan yang Dihadapi Pers Indonesia

Dialog Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SPS menjadi agenda penting yang akan dihadiri oleh perwakilan SPS dari berbagai provinsi di Indonesia.-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Memperingati hari milad yang ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS) Indonesia, SPS menggelar beberapa kegiatan.

Acara yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 19 hingga 20 September 2024, akan menjadi ajang yang mempertemukan berbagai elemen pers dari seluruh Indonesia.

Sebagai bagian dari peringatan tersebut, beberapa kegiatan utama akan digelar. Dialog Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SPS menjadi agenda penting yang akan dihadiri oleh perwakilan SPS dari berbagai provinsi di Indonesia. Perwakilan ini mencakup lebih dari 569 anggota media arus utama.

Dialog tersebut akan membahas berbagai isu terkait industri pers nasional, serta refleksi perjalanan 25 tahun Undang-Undang Pers yang disahkan pada tahun 1999.

Dialog yang mengusung tema ”Mewujudkan Pers Sehat, Pers Berkualitas” diharapkan mampu mengurai tantangan yang dihadapi pers Indonesia saat ini.

BACA JUGA:Masyarakat Diimbau Siapkan Tas Siaga untuk Hadapi Bencana yang Tidak dapat di Prediksi

Berbagai pertanyaan mendasar akan menjadi sorotan, seperti bagaimana pers dapat tetap sehat secara bisnis di tengah perkembangan teknologi digital, serta bagaimana produk jurnalistik tetap independen dan berkualitas untuk audiensnya.

Refleksi ini akan menandai seperempat abad kelahiran UU No 40 Tahun 1999, sebuah regulasi yang diharapkan mampu memberikan kebebasan pers yang sebenarnya.

Selain dialog, penghargaan Anugerah 78 Tahun SPS akan menjadi salah satu momen penting lainnya.

Penghargaan ini tidak hanya ditujukan bagi media, tetapi juga untuk korporasi, institusi, dan pemerintah daerah yang telah memberikan kontribusi besar dalam memajukan dunia media.

Beberapa penghargaan yang akan diberikan meliputi Media Brand Awards, Media Relations Award, serta Lontar Awards dan Lestari Awards, yang khusus diperuntukkan bagi pemerintah dan pemimpin daerah yang berkontribusi dalam media dan pelestarian budaya lokal.

BACA JUGA:Puluhan Bangunan di Bantaran Kali Memiliki SHM, Rencana Pembongkaran Tertunda

Mengenang Jejak Pers di Kota Bandung

Pemilihan Bandung sebagai tempat perayaan HUT 78 SPS bukan tanpa alasan. Kota ini memiliki sejarah panjang dalam dunia pers nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: